Bye bye Breastfeeding…


aaahhh akhirnyaaaa….

Setelah 2 tahun 5 bulan akhirnya it’s time to say good bye to Breastfeeding.

Sekarang Ada baiknya kita nostalgia dulu….

Awal perkenalan dengan keenan pake acara IMD di meja operasi, cuma singkat saja but that moment are precious.

Lalu ketemu lagi si mamah n baby keenan uda bersih, keenan sudah diazanin sama papah and then langsung belajar menyusui. And my baby did it so well, dan semua keluarga juga segenap suster rs. Siloam kebon jeruk berdecak kagum. And this is a moment when we first fall in love to Breastfeeding. 

Berikutnya tentu it’s ain’t easy, besoknya puting pake lecet segala karena mulut keenan kurang masuk. Padahal buku2 resep breastfeeding uda dilahap hap hap, prakteknya cemen juga…. Disitu lah saya tahu, parenting, breastfeeding, semua yg ada dibuku akan jauh dari kenyataan. Prakteknya akan selalu lebih ribet. Dan  disaat ini tiap menyusui rasanya mo cepet udahan krn sakit ga tahan. Alhamdulillah dikasi minyak kelapa sama sesama ibu menyusui lecet saat itu (makasih ibu…). 

 

udah  ga nenen jd   lebih suka mamamnya

udah ga nenen jd lebih suka mamamnya

 
Saat itu keenan belom hobi nyusu, tiap nyusu dia ketiduran. Trus harus dibangunin pake kitik2, ga mempan juga akhirnya kasi es di kupingnya hehehe..

Tapi karena lecet2 n susah nenenin, asi mamay jd kurang dan akhirnya baby keenan jd kuning. Pas waktu mamay bisa pulang dr RS keenan masi hrs stay. Duuuh sedihnya, 9 bulan dalam 1 tubuh baru 3 hari ketemu hrs ditinggal. Mana asi ga bs keluar bnyk pula…. Padahal udah pengen komit ga pake sufor apa lg di usia sebelia ini takutnya nanti dia lebih suka mnm sufor ketimbang asi. Di tengah kebimbangan lg alhamdulillah dikelilingi sahabat2 yg siap membantu, dicarikan lah temen2 yg punya stok asi berlimpah. Akhirnya dari stok asipnya bunda Uun, keenan ga jd mnm sufor, dan jd pecinta asi sejati hehehe…

Kenapa sih segitunya ga mau Sufor?

Padahal ribet kan dulu hrs cari2 yg punya stok asip, sufor tgl beli trus kasi ke baby.

Abis gimana dong, kan udah melahap bnyk teori menyusui, asi begini, asi begitu, jd cita2 deh mau kasi asi exclusive ke buah hati. Masa baru 3 hari udah nyerah gitu lho… Trus dari pengalaman saya sendiri juga merasakan kalau saya yg asi sampai 2 tahun ini lebih jarang sakit dibanding kakak m adek saya yg duluan pake sufor. Trus kayakny sih otak saya juga lebih cemerlang (idih GRan sendiri).

Banyak yg bilang ngeribetin diri sendiri ajah, but i think bangun tengah malem bikin susu, kemana2 bawa air panas n sufor, nunggu susunya adem dulu baru bisa dikasi ke bayi itu di pikiran saya mah lebih ribet. Kan kalo breastfeeding tgl buka ajah, trus langsung dilahap hehehe, agak susah sih pas jalan2 coz dulu liat kakak ipar kayaknya enak yah bayinya nangis trus  pake apron lsg bisa nyusuin dimana aja, bayi tenang, bayi kenyang, mommynya lanjut ngobrol sambil nyusuin. Eeeehh lagi2 tak sesuai harapan, si keenan ga mau ditutup apron, klo dipakein apronnya dibuka2… Ampyun deh, aurat tauk!

Tapiiiii ini enaknya punya anak jaman sekarang yg Breastfeeding lagi jd tren, mall2 sekarang punya Nursery Room yg oke2, keren2. Malah banyak yg punya bilik2 sendiri kayak toilet tapi lebih unyu buat nyusuin. Jadi ga perlu khawatir lagi deh. Seneng bgt skr mall2 mommy friendly bingits!! Kalo pas ga ke mall yg mommy friendly kayak waktu itu ke inacraft, aku cari aja mushalla, pasti kan bagian cewe dipisah jd bisa nyusuin dengan tenang…

Balik ke cerita, setelah keenan sampe rumah ni anak cowok kerjanya neneeeeennn terus, bisa sampe 2 jam! Tanya kirikanan oh ternyata anak cowo emang begituh adatnya, pegel juga ye ternyate… Ck ck ck, masa2 pegel ini bnyk inget2 klo bisa kasi yg terbaik yg terbaik lah yg kita kasih. So i try my best to stop complaining.

Mungkin saat2 itu yg dinamakan baby blues…. Hormonnya masi bawaannya melowww… Disinilah ayah asi perperan banyak, beribu syukur mamay panjatkan karena dikasi jodoh lelaki kayak papay, mau pijit2 mamay, gendong2 keenan, mau juga ganti popok keenan, bedonginnya jago sampe cuci2 alat pompa asi. Belom lagi menghibur n motivasi mamay biar asi keluar banyak. Kalau Papay ga sepeti ini mungkin mamay udah nyerah dari awAl buat kasi asi exclusive, mungkin asi mamay terusmenerus seret krn stress melulu. You are the one that makes breastfeeding fun and easy. Makasih tak berhingga suami ku, tanpa kamu aku mah apa sih…. Hehehe
Lalu hari2 pun berlalu, tau2 mamay hrs msk kerja lagi, stok asip lama2 makin bnyk, jd ketakutan asip seret n sedikit cuma parno2an. Ternyata kali ini buku benar, makin sering pumping n nyusuin ternyata makin bikin produksi asi lancar. Tapi oalah si keenan minumnya banyak sekaleee, stok udah bnyk ternyata ga ngejar, kejar setoran lah mamay si kantor. Dan Kali ini berkahnya lg ditempatin di kantor yg bagus, jd ruang pumpingnya oke punya kayak di mall!!!! Pdh udah takut juga klo pumping hrs di wc gimanaaa coba?! 

Dan emang dasar rejeki keenan, sebulan ngantor eh hrs resign, akhirnya mikir ntar aja ah kerja lg pas keenan uda 6 bulan (resign pas keanan 4 bulanan). Trus pas keenN 6 bulan malah ga tega, trus ntar aja ah klo 8 bulan, eh masi ga tega, trus ntar aja ah klo 1 tahun… Eh eh udah males hahahhaa…. Udah lupaaaa ama bikin2 proposal, UI, SQL, ERD etc ituh… Dan sedari itu dinobatkan lah mamay jd SAHM (stay at home mom) tulen. And i have to admit this is the hardest work i ever been, i did it the best i could but still i think i did it worst. But i’m still not giving up on me!!!

Lalu kebersamaan keenan n mamay pun dilanjutkan, nenen keenan tetap aman dan dia jd Anak yg ceria & aktif (bahkan terlalu). Tak ada insiden yg berarti kecuali si nenen berdarahdarah pas keenan tumbuh gigi dan mamay kena demam berdarah.
Lalu berkenalanlah kita dengan efek negatif kebanyakan nenen. Yaitu adalah gigi keenan jd geripis!!!! Blom umur 2 tahun (skitar 1,5 tahun) tp giginya pada item2. Suatu ketika ada temen keenAn umur 3 tahunan tau nanya KeenAn kok gigi nya item??? Aiiihhhh malunyaaaa, jd lah kita ke dokter gigi khusus anak di The smile center. Disini kami orang tua dari anak bergigi item bersumpah keenan ga pernah makan permen, jaraaaaaang bgt mkn coklat, blm kenAlan Ama es krim, suka makan jeli namun minum air putih setelahny, dan suka sekali nenen. Dan tibalah hari itu, hari dimana ada seorang specialist yg berkata menyusuinya harus dikurangi. Dengan diagnosa si gigi item karena bnyk asi yg nempel di gigi, dan keenN anti sikat gigi. 

  

playing piano @ rumah iki

 

Di usia 1 setengah tahun, keenan akhirnya mengawali penyapihan pertamanyA. Demi gigi yg suka ngilu itu nenen siangnya keenan di stop dan diganti UHT. Caranya cuman dikasi tau klo mulai hari itu nenennya cuma bs malem. Dapat dipastikan keenan tantrum, ada kayaknya sejam dia nangis sampe alm. Eyang sedih ngeliatnya, tapi akhirnya keenan pun bobo sendiri.

Hari kedua lebih baik, ngamuknya cuma stengah jam. Dan berhasil total setelah 2 minggu. Hrsnya yg penting itu ga nenen malem krn tidurnya lama jd asi yg tergenang lama. Tapi apalah daya, segini aja aku ciut tega ga tega.
Jadi lah keenan udah lepas nen siangnya dan minum uht.

Then I learn yg penting untuk weaning my son adalah konsisten. Mamay ga bisa dibujuk dan ga akan bisa dibujuk, walau air mata yg mendayu2 dari buah hati berurai, air mata mamay pun ikut meleleh, i need to be consistent agar semua penderitaan cepat berlalu.

Dan akhirnya 6 bulan berlalu, si dokter gigi udah wanti2 lagi, telah tiba saatnya berpisah with breastfeeding. But oh no gmn caranya? Tidur siang sih paling sejam or 2 jam, tidur malem keenan 10-11 jam dan kebanyakn sambil nempel di nenen. Ga nenen berarti kita harus ngadepin trantrum mungkin tiap jam sekali. 

Gw coba buat wwl (weaning with love), yg basicnya no offer no refuse, but i never offfer, keenan tau sendiri karena kebiasaan waktu buat nenen n bobonya. Dan i never refuse, yg mana berarti entah kapan hrs seperti ini terus. 

Jd setelah 2 tahun sebulan, i forget the wwl things and ikutin cara menyapih yg paling jitu : kasi warna2 n pait biar si baby takut n ilang selera. 

1st night pake kopi, pas liat keenan bilang nenen mamah sakit, trus mulailah dia sesenggrukan, udah ngantuk tapi mati gaya, ga tau hrs gmn klo ga pake nenen. Mamay dan papay ikut berurai air mata liat keenan nestapa begitu. Sempet trantrum tapi akhirnya bisa tidur juga, tapi lewat tengah malam keenan bangun, sambil mata merem tapi cari2 nenen, ya mamay kasi aja coz kirain dia uda kapok. But oala, si kopi uda rada luntur, sisaannya di apus2 pake tangan keenan ( yg masi jg merem), walau masi ada sisa kopi dikit ttp aja dia samber. Dan sampai pagi dia berhasil dapatkan nenennya kembali. Penyapihan pun gagal!

Malam berikutnya dengan strategi yg sama tapi bake bubuk kencur, but again nasibnya sama kaya sebelumnya. Bsknya ganti lagi pake balsem, awalnya ga mau pake ini coz takit ketelen kan bahaya, tapi balsem adalah bebauan yg keenan ga suka, pas dicoba awalnya dia menjauh tapi begitu menutup mata sama aja ternyataaaaa… Bau2 pedes dikit dilahap juga. Mamay & Papaynya ngeliatnya ampe cengo…. 

Then ampe seminggu begitu aja hasilnya, lalu keenan sakit batpil+demam, kasiaaaaan bgt liatnya, ga mau minum n makan pula, di tanya keenan mau apa? Dia jawab mau nenen mamah. Dan mamay menyadari, maybe keenan is’nt ready to say goodbye. Dan dari sini penyapihan bubar jalan…

  

@ karinda cafe

 Bersambung….

  

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s