10 Penulis novel Favorit Nadya (2)


Jumpa lagi kita untuk membahas buku2 favorit gw sepanjang masa..
Kita teruskan saja pembahasan ini tanpa perlu banyak basa basi.

Dan buku2 selanjutnya yang menjadi pilihan hati saya adalaaahh:

5. Kite Runner – Khalled Hoseini

Cerita mengambil tempat di Afganistan sebelum dan sesudah kedatangan penjajahan dari Soviet lalu sampai Taliban berdiri.
Berkisah tentang persahabatan 2 bocah, Amir dan Hassan yang sebenarnya adalah majikan dan pembantu.
Tapi akhirnya persahabatannya kandas akibat kesalahan dari Amir. Amir merasa bersalah terhadap Hassan dan membawa perasaan bersalahnya itu hingga dewasa.
Cerita ini juga mengambil tempat di Amerika, negara yang akhirnya sebagian warga negara Afganistan berlindung dari masa ketepurukan negaranya.

Harap diingat, membaca buku ini harus punya banyak tissu, nangis2 bombay deh ampe belekan..
Buku ini banyak bercerita tentang kekejaman perang dan pengaruh perang kepada anak-anak.
Perang ini lah yang menjadi titik untuk Amir dan Ayahnya pindah ke Amerika mencari kehidupan yang lebih layak walau di Amerka mereka tidak punya apa-apa termasuk pangkat dan kekuasaan yang selama ini melekat pada Ali (Ayah Amir).

Penggambaran karakter ditulis dengan sangat dalam sampai2 kita sangat mengenal si Amir dkk.
Saya juga suka pengembangan karakter yang dialami oleh Amir yang ketika kecil begitu manja dan sombong hingga akhirnya perang dan perubahan gaya hidup membuatnya bertanggung jawab.

Mengapa buku ini layak dibaca?
Karena selain ditulis dengan ketelitian sejarah hingga kita paham apa yang terjadi di Afganistan, gaya penulisannya juga oke bgt!
walau sangat spesifik menggambarkan apa yang terjadi tapi tidak bertele2 dan membuat bosan. Untaian kata-kata penulis yang sering mendayu-dayu ini sangat menguras emosi.
Karena itu saya ingatkan lagi untuk membawa tissu..🙂

4. Charlie, 24 Wajah Billy – Daniel Keyes
Buku bertajuk Charlie atau yang lebih dikenal sebagai Flowers to Algernon ini is a must read book!
This is really my favourite… Walau sebenernya saya agak kuciwa ketika mengetahui klo penulisan novel ini seperti nulis jurnal biasa.
kirain bakal bikin boring like I read some similiar novel. Tapi makin dibaca makin jatuh cinta ama ini buku.

Ceritanya tentang seorang Charlie-pria yang mempunyai keterbelakangan mental dan selama masa dewasanya bekerja di toko roti.
Hanya sedikit orang-orang yang jadi teman Charlie, karena itu dia bertekad untuk banyak belajar agar bisa bergaul dengan orang banyak.
Eksperimen bedah otak pun dijalaninya. Hasilnya Charlie makin pintar dan bahkan menjadi jenius. Berada dalam kejeniusannya ini membuka matanya tentang orang-orang sekitarnya.
Charlie menjadi sombong dan tidak bisa mengendalikan dirinya. Akhirnya bukannya semakin banyak teman chalie malah hidup dalam kesepian.

Jurnal ini ditulis sebagai pencerminan perkembangan otak Charlie ketika dia belum operasi otak sampai dia menjadi jenius dan seterusnya.
Dari kata-katanya dan dari cara penulisannya kita bisa menikmati perkembangan yang diberikan penulis untuk si tokoh utama.

Saya ga tau saya yang memang cengeng apa buku ini memang bisa membuat kita nangis bombay, yg jelas beberapa kotak tissu dirumah habis untuk baca buku ini…🙂

Lain dengan Charlie, 24 Wajah Billy ini adalah kisah nyata. Daniel Keyes sendiri adalah penulis yang ditunjuk oleh Billy untuk mempublikasikan hidupnya bersama ke 24 pribadinya yang berada dalam satu tubuh.
In the begining of the story, si Billy ini masuk penjara karena 4 tuduhan pemerkosaan mahasiswi. Di penjara ini lah baru terungkap bahwa si tersangka mengidap penyakit mental langka yaitu Perkepribadan Ganda.
Ga tanggung-tanggung, ada 24 kepribadian. Uniknya masing-masing mempunyai karakter dan umur yang berbeda-beda juga mempunyai skill yang berbeda satu sama lainnya.
Misalnya Tom yang suka elektronika, dia yang mengerjakan semua pekerjaan mesin ketika Billy bekerja menjadi mekanik. Tapi untuk mendapatkan pekerjaan dan memuluskan hubungan sosialnya, Allen yang jago menjilatlah yang berperan.
Bahkan beberapa kepribadian ini kidal. Semua kepribadian tumpang tindih jadi 1. so crowded inside there….wow..

Awal baca 24 Wajah Billy saya punya pendapat yang sama dengan para pengacara Billy. Karena walau bukan pribadinya yang berperan dlam kejahatan itu but someone have to be punished! kan kacian yang diperkosa…..
Tapi lambat laun seiiring makin mengenal Billy dan mengetahui sejarah hidupnya dan bagaimana dia menjalani hidup, I feel like he’s already live ini misurable life, dia mengalami semua yang harusnya tidak dialami bocah-bocah kecil,
he’s living in a life that so crowded with he’s own mind.. I think he deserve something yang harusnya didapatnya dari dulu, pengobatan.

Membaca ini saya membuat saya berpikir, jika pribadi-pribadi itu bisa mempunyai keahlian macam-macam dalam satu tubuh, it means maybe tubuh kita memang bergerak sesuai dengan apa yang kita pikirkan.
Jika saya kita mau berusaha untuk bisa, our body will say “I Can Do It”. Mungkin jika kita berpikir posistif dalam segala macam keadaan, tubuh kita akan dapat menanggungnya juga.

As always, kalo saya suka sama sesuatu saya jadi obsesi, penasaran bgt sayah ama si Billy sekarang uda sembuh beneran apa belon.
Pas tanya-tanya ama om gugel, ternyata Billy setelah akhirnya dibebaskan dari penjara bertahun-tahuuuun kemudian, kini ga tau hidup dimana. Bahkan keluarganya pun sudah bertahun-tahun ga pernah ketemu.
Is he dead or have plstick surgery biar ga dikenal??? entahlah….

Kalo misalnya ini dijadikan film pasti keren bgt!.
3. Gajah Mada – Langit Kresna Hariadi
Hayoooo siapa yang ga tau Gajah Mada???? 

Pasti tau kan mahapatih Gajah Mada… itu lhoo majapahit..
Nah buku ini merupakan buku fiksi sejarah yang dikarang dan diramu dengan sejarah oleh Langit Kresna Hariadi.
Ada 5 seri untuk seri Gajah Mada ini:
– Gajah Mada
– Gajah Mada: Bergelut Dalam Kemelut, Takhta Dan Angkara
– Gajah Mada: Hamukti Palapa
– Gajah Mada: Perang Bubat
– Gajah Mada: Madakaripura Hamukti Moksa.

Bercerita tentu saja tentang sepak terjang Gajah Mada dari seorang patih biasa pemimpin pasukan bhayangkara menyelamatkan raja Jayanegara dari pemberontakan Ra Kuti.
Lalu berlanjuuut terus sampe jadi Mahapatih yang hampir menyatukan seluruh nusantara dalam satu kepemimpinan, Majapahit.

Pada awalnya it’s a big No No for me to read this kind of book, coz ngingetin bgt ama sinetron2 ga mutunya Indosiar yang pemain2nya dari Indonesia kok ya didubbing bahasa Indonesia juga??! Ga jelas khhann???
Untungnya ada seorang sahabat yang menyelamatkan saya dari persepsi dangkal yang untungnya tidak berkepanjangan..hehehe
Atas rekomendasinya saya pinjam lah buku ini..
Eh KETAGIHAN….

Kayaknya ini awal saya baca buku karangan pengarang Indonesia yang isi bukunya seruuuuu banget.
Formasi-formasi perang yang digambarkan oleh pengarang sangat jelas tergambar bentuknya di imajinasi saya.
Ditambah plus dengan makin dekatnya pengetahuan saya tentang jaman2 Majapahit, saya rekomendasikan dengan sangat untuk baca buku ini.

Kalo ada anak SMP or SMA yang males baca buku sejarah indonesia, baca ini dijamin bakal suka deh!.

 

2. Laskar Pelangi – Andrea Hirata
Tetralogi Laskar Pelangi pastinya buku kebanggaan Indonesia. Gimana engga, ga cuma serentetan penghargaan datang dari negeri sendiri tapi juga dari internasional. Semua buku di tetralogi ini menjadi Best Seller. Ketika buku ini
dituangkan ke ranah visual, Film nya pun laris manis…

Sebenernya masi misteri juga apa semua nya benar-benar ditulis berdasarkan pengalaman hidup sang pengarang atau sang pengarang hanya terinspirasi dengan berbagai peristiwa pada masa kecil dan masa mudanya.
Despite all that, buku ini melekat di hati saya bgt! Penggambaran cerita dalam buku-buku ini sangat manis, penuh humor dan mengiris hati sesekali.
Gaya penulisannya gampang dicerna sehingga buku ini layak dibaca dari anak-anak sampai orang tua. Banyak semangat yang membara dalam tetralogi ini, semangat yang dihasilkan inilah yang meletup-letupkan semangat juga bagi yang membaca.

Karena saya ga terlalu mudeng dengan novel sastrawi dan membeli buku ini karena penasaran aja kenapa banyak kritikus novel yang muji2, jadi awal membaca saya ga terlalu berekspetasi banyak dari Laskar Pelangi.
Tapi begitu bab pertama selesai dibaca, langsung meluap gembira karena membeli buku yang sangat bermutu.
dan Tetralogi Laskar Pelangi ini pun menemani hari-hari ku. Saya baca kembali jika kira-kira butuh motivasi dan inspirasi. Mengharapkan letupan semangat dari Tetralogi Laskar Pelangi.

Dari tetralogi ini yang paling saya suka adalah Laskar Pelangi. Sang pemimpi dan edensor saya juga suka bgt tapi tetep paling suka ama Laskar Pelangi coz anak-anak kecil itu konyol-konyol sekali tingkahnya yaaah….
Yang paling saya dan para penggemar lainnya kuciwa adalah Maryamah Karpov, beda banget sama 3 novel sebelumnya. Menurut saya ga jelas jalan ceritanya dan untaian kata-kata Andrea Hirata pun tak mampu membawa pembaca jatuh cinta kepada buku ini.
Membosankan dan meaningless. Pada suatu hari di televisi, Andrea Hirata sempat berkilah, Maryamah Karpov sebenernya adalah karyanya yang belum rampung, terburu-buru dan minim editing. Semua dikarenakan aji mumpung karena lagi Filmnya sedang tenar-tenarnya jadi bisa langsung jadi best seller.

hummm.. very bad situation for Andrea Hirata…
Untungnya novel-novel Andrea selanjutnya bagus lagi, tidak mempesona seperti tetralogi Laskar Pelangi, but still a very nice book.
Novel-novel selanjutnya Andrea Hirata tetep berkisah pada tokoh utama yang sama.
Wonderiiiing… bisa ga ya dia lepaskan ikalnya dari mencari inspirasi lain???.

 
1. Harry Potter – JK. Rowling
Deng Deeeeeengggggggg…..
Kirain no. 1nya apaaaahhhh…
Oalah ternyata pengarang blog ini Harry Potter maniaaaa.. ahahahahaha

oke oke… malu juga mengakuinya, umur gw 28 tapi ko masi aja demen ama seri Harry Potter beginih…
Tapi kalo diinget-inget, jaman pertama kali baca buku ini klo ga salah kelas 1 SMA trus ampe seri ketujuh pas saya mau lulus kuliah (taun 2007).Potterindo.jpg
Buku ini niy awal saya suka baca buku novel dan jadinya ikut mengoleksi novel-novel.

so This is my first love…
as you know, no one can beats the First Love…🙂

Buku ini tumbuh seiring dengan Harry Potter dan umur pembacanya. Awal terbit buku pertama, ceritanya masi anak-anak dan ABG banget.
Dari gaya penulisannya, konflik-konflik yang terjadi sampai tebel bukunya. As harry grew older and also the reader, bukunya tambah kelam,
konflik makin dewasa, jalan cerita yang tambah rumit, in a short word, not a kid’s book anymore.
Begitu juga filmnya dan Daniel Radcliff. Coba nonton film yang bertama terus langsung yang ke tujuh.. Jauuuuhhhh bedanya.

Walau Harry Potter identik dengan buku anak-anak, tapi film dari seri ke 6 udah ga cocok deh dibilang anak-anak..
Ga tau yah banyak orang yang ga terlalu suka karena kayaknya ilang aja kesan anak2nya.
Tapi menurut saya itu adalah hal cerdas yang dilakukan oleh JK. Rowling untuk terus menggandeng pembaca setianya seiiring berkembangnya tokoh utama dan pembaca setianya yang dulu masi anak-anak or ABG terus sekarang uda lebi dewasa.

Saya juga punya patronus untuk mengalahkan Dementor, dalam imajinasi saya bentuknya padang bunga…
Setiap saya merasa ada yang menyerang saya, menyerap semua kabahagiaan, membelenggu pikiran, Patronus (positive force, working as a shield) lah yang melindungi saya…

hehehe I wish l always remember that!

Kesimpulannya : This is not just a book, it’s my best friend….. [co cwiiiitttt]

 

 

Selesai juga saya nulis beginian ampe berjam-jam lamanya..
Makasih buat yang baca dari awal sampe akhir, semoga ga pusing bacanya hahahaha…

Buku merupakan jendela bagi saya, jendela yang setiap dibuka menawarkan kisah yang berbeda, ada tawa ada tangis ada marah ada benci dan ada banyak cinta.
Tubuh kita memang tidak kemana-mana jika hanya melongok dunia dari jendela. Tapi seolah ada jiwa lain yang terbang, merasa yang apa dirasa di luar sana..

I’m hoping you all enjoy reading as mush as I do.

“Make it a powerful memory, the happiest you can remember. Allow it to fill you up… Just remember, your Patronus can only protect you as long as you stay focused… Think of the happiest thing you can.”
—Harry Potter teaching the Patronus Charm to Dumbledore’s Army[src]

One thought on “10 Penulis novel Favorit Nadya (2)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s