keuntungan dan kerugian memilih paket pernikahan


Sekarang kita akan membahas perlu tidaknya mengambil sistem paket atau semuanya mau kita organize sendiri dalam mempersiapkan pernikahan kita. Tentunya seperti segala hal di dunia pasti ada untung ruginya, yuk kita simak apa aja keuntungan dan juga kerugian pilih paket atau tidak…

Sebelumnya sistem paket ini saya bagi dua, yaitu paket flexibel dan ga fleksibel. Apakah paket ga flexibel itu? Paket ga flexibel saya kategorikan untuk paket2 yg biasanya dr gedung, biasanya juga paket ini Free WO sampai2 menangani perihal rapat panita untuk keluarga dll, Knp ga flexibel? Coz biasanya mereka sudah ada keterikatan harga, misalnya Gedung 1 mempunyai paketA, B,C, kita hanya tgl memilih paket2 tersebut berdasarkan kebutuhan (biasanya berdasarkan jumlah tamu), misalnya saya mengambil paketA untuk 600 tamu, harga yg diberikan misalnya 95juta, semua vendor yg dipilih harus berdasarkan rekanan gedung tsb, jika tidak mau memakai vendor yg tersedia maka tidak ada pengurangan biaya. Jadi harga yg harus saya bayar tetep 95juta. Rugi dong? Ga kok, mereka ga sekejam itu :p, misal kita ga mau pake vendor percetakan undangan yg dikasi budget 5juta, maka 5 juta ini bisa dialihkan ke tempat lain, misalnya untuk nambah menu catering atau lainnya. Tapi tetep harga yg sudah kita tanda tangani ga bisa di kurangi. Gedung-gedung yg menganut kepercayaan ini (jiaahh kepercayaan!) adalah Sinema Wedding Hall, Graha Nusantara, gedung Smesco, Balai Kartini, dan lupa lagi.

Nah, sekarang untuk paket yg fleksibel. Paket fleksibel tentu saja lebih fleksibel (ya iya laaah). Biasanya paket ini dimiliki oleh catering. Jika pada paket ga flexibel harganya ga bisa di utak atik lg, maka paket flexibel tentunya lebih flexibel (lagi lagi..). Sama seperti paket ga flexibel, kita akan disodorkan paket yang mana menggunakan vendor2 rekanan catering tersebut. Bedanya paket flexibel akan mengurangi harganya n ga perlu diganti tempat. So’ untuk kasus yg sama seperti paket ga fleksibel, jika kita memilih paketA yg seharga 95juta dan ga mau pake vendor percetakan undangannya yg diberi budget 5 juta, maka 5 juta ini akan dikurangi dr harga paket, jadinya tgl 90juta untuk kasus ini. Oia, biasanya paket ini ga include undangan n souvenir.

nah sekarang keuntungan dan kerugiannya …

Keuntungan sistem paket :
1. Menghemat waktu
Biasanya buat yg 2-2nya kerja nih, agak sulit pastinya mengatur waktu browsing2, searching2, apa lagi survei2. Walau hal2 tersebut harus kudu dilakukan tapi paling ga ga seluas pencarian kita kalo ga pake paket

2. Bisa lebih murah
Kaitannya masi dengan nomer sebelumnya, jika kita tidak punya waktu untuk hunting tentunya sedikit referensi kita mengenai harga, alhasil kita ga terlalu membandingkan harga dan kuliatas antar vendor2 yg ada. Kalo pake sistem paket kita tinggal nego harga sama marketing, minta diskon or bonus2 tambahan langsung jadi deh. Bayangin kalo tiap vendor kita harus nego2 harga lagi… Duh ga kuuwaatt..

3. Dikoordinasikan 1 orang.
Entah paket ini dikeluarkan oleh gedung/cetering/wo, pasti ada min 1 orang yg mengkoordinasikan semua vendor. 1 orang ini dimana kita mencurahkan segala isi hati n kepala. Kalo ada 1 vendor yg ga beres maka orang tersebut yg kita minta pertanggung jawabannya, entah itu vendor dekor,photograpy, mc dll. Tentu saja sebagai penanggung jawab orang ini lebih gampang dicari dibanding cp nya dari masing2 vendor jika ada masalah.

Overal intinya sistem paket memang lebih simple n ringkas, cocok bgt sama org yang ga mau ribet tapi mau acaranya lancar.

Sekarang kita simak kerugiannya :
1. What u see is what U get.
Kadang banyak orang terutama wanita yg sudah mengangankan pesta pernikahannya akan seperti apa bahkan untuk detail2 nya sudah dipikirkan. Di sistem paket walo banyak memberikan keuntungan tapi dengan terbatasnya rekanan maka ga semua detil yg kita harapkan bisa dipenuhi dengan vendor yg ada. So’ kalo sudah tau inginnya pesta pernikahan yg seperti apa ada baiknya searching dulu kira2 vendor2 yg ada dapat memenuhi apa tidak, baru kita putuskan ambil sistem paket atau tdk.

2. Bisa lebih mahal
Bisa lebih murah tapi bisa lebih mahal juga. Apalagi kalo kita punya banyak temen dan kerabat yg jadi vendor pernikahan.. Lebih enak krn biasanya dikasi diskon gede2an.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s