Tips mencari gedung pernikahan


 

Mencari gedung or venue untuk pernikahan ternyata susah-susah gampang (lhoo ko lebih banyak susahnya? ;p ). Barangkali tips-tips dan langkah2 berikut bisa mengurangi kepusingan anda yg lg sibuk memulai persiapan pernikahan.

1. Hitung jumlah tamu
Sebelum mencari gedung pernikahan pastikan kita sudah tau jumlah tamu (include keluarga besar) yg bakal kita undang. Supaya aman, dari jumlah undangan kita kali 2.. Misal mo undang 500 tamu, kali 2 jadi 1000. Nah 1000 orang ini yg jadi rata2 kapasitas gedung.
So setelah tau jumlah undangan then cari2 gedung/venue yg sesuai dgn kapasitas yaaah.. Jgn yg terlalu melebihi kapasitas krn malah membuat suasananya terasa sepi, n jgn pula yg terlalu sempit krn membuat pestanya terlihat gaduh, gerah n bikin puuusing.

2. Cari informasi
Bisa dari temen, forum2 di internet, googling or dari mana pun pokoke harus dapetin sebanyak2nya ttg kandidat2 gedung yang akan kita pake, coz pendapat2 ini berguna bgt sebagai referensi kita supaya tau kekurangan n kelebihan dr mulai parkiran enak apa engga, aksesnya gampang atau ga, bersih or kotor, mahal apa murah dll..

3. Telpon langsung orang gedungnya
Untuk mengetahui harga telp lsg orang gedungnya, tanya barang kali lg ada promo or diskon untuk kalangan tertentu, misal yg kluarganya bekerja di pertamina bisa dpt diskon 50% di gedung2 punya pertamina seperti di wanita patra, patra jasa dll (ini beneran loh..sumpe dech!!).
Kalo sempet, tanya juga proses booking n proses pembayaran sekalian yah.
Setelah itu buat janji ketemuan sama orang venuenya.
It is very recomended janjian pas ada acara weddingnya jgn pas kosong supaya kita ada gambaran ttg ruangannya setelah dimasuki pelaminan, meja2 catering, dekor2 dan tentunya tamu2.

4. Buat rute untuk survey!
Walo info udah segudang tapi ga afdol kalo kita belum liat lsg kan??
Naah list deh gedung mana aja yg jadi kandidat terbaik. Lalu jgn ragu ataupun malu, lakukan lah survei!!
Supaya gampang coba buat rute sambil liat peta supaya tau kira2 posisi gedungnya sebelah mana.
Rute ini memudahkan kita supaya ga bolak2 balik cari jalan n kejebak macet.
Lakukan lah dr gedung yg paling deket, misal kalo mau survei di daerah gatsu n kuningan, nah coba kalo ada beberapa venue yg mau di kunjungi, coba dr yg paling deket, misal dari patra jasa -> balai kartini ->bulog -> depnaker ->bidakara, lalu baru belok ke arah kuningan seperti dharma wanita -> depkes dan seterusnya..

5. Pertanyaan wajib saat survei gedung
harga gedung n diskon or promo yg sedang berlangsung
fasilitas yg di berikan gedung, seperti berapa jam yg diberikan untuk di tarif tersebut, adakah penambahan biaya untuk keamanan dan kebersihan, ruangan apa saja yg bisa dipakai, adakah tambahan biaya untuk akad nikah or pemberkatan, tiket parkir dsb dsb..
rekanan vendor,
minta list rekanan catering, dekor, photography dll kpd pengurus gedungnya, tanyakan juga berapa charge yg dikenakan gedung jika kita pakai vendor non rekanan.
Untuk catering tanyakan ke pengurus gedung juga berapa biaya per pax nya, umumnya semakin besar n mewahnya gedung tentunya harga catering perpax makin mahal.
cara pembayaran, booking tempat dan proses tanda tangan kontrak, tanya juga mekanisme pembatalan kontrak apakah ada biaya tambahan ato tidak, biasanya siy ada kecuali ada orang lain yg sudah mau Over DP
tanya apakah tgl yg anda inginkan masih tersedia? Ga ada salahnya booking di beberapa tempat untuk cari aman, ga dikenakan biaya ko.. Biasanya setelah booking kita diberi waktu seminggu untuk membayar DP gedungnya, kalo masi ragu biasanya kita diperbolehkan memperpanjang masa booking lewat konfirmasi jika pada tgl tersebut belum ada lagi yg berminat.

6. Hal-hal yang wajib di perhatikan saat survei gedung
lokasi, strategis ato ga, jauh kah dr tempat anda or dari tempat keluarga calon suami ato istri, berada di kawasan always macet ato ga.. Jika ingin menyelenggarakan pernikahan pada musim hujan, pastikan venue yg anda pilih bukan di kawasan banjir.
kebersihan, jgn sepelekan masalah kebersihan coz walo dekor kita se-WAHH apa pun kalo lingkungan ga bersih jadi nilai minus kita tuch..
tempat parkir, cukup memadaikah lahan parkir untuk tamu2 kita? Jika tidak, tanyakan bisa kah meminjam jalanan/tempat parkir kantor sebelah/lapangan di dkt gedung tsb untuk menambah lahan parkir.
ceiling/roof (atap ruangan), meski tidak crusial, tapi kalo mau dekor kita terlihat lebih megah ada baiknya memilih gedung dengan ceiling yg tinggi, karena ruangan beratap tinggi menambah kesan lebih luas dan lega walau ruangan tersebut tdk terlalu besar,sebaliknya ceiling yg terlalu rendah membuat ruangan terkesan sempit dan sumuk. Ceiling yang tinggi juga membuat pelaminan bisa didekor dgn maksimal.

Tips-tips diatas bukan harga mati untuk dituruti dalam mempersiapkan pesta pernikahan loh ya.. Apalagi jika punya keterbatasan budget. Set your priority, be wise, make it simple, make it fleksible, make it fun!! Cari gedung pernikahan gampang-gampang susah kok !😉

-puthe-

Artikel Terkait :

List Outdoor Wedding
List Harga Gedung
Tips memilih catering pernikahan
List Catering untuk pernikahan

10 thoughts on “Tips mencari gedung pernikahan

  1. Ping-balik: List Harga Gedung « NadyaPuthe's Blog

  2. Ping-balik: List Outdoor Wedding « NadyaPuthe's Blog

  3. Ping-balik: Tips memilih catering pernikahan « NadyaPuthe's Blog

  4. Ping-balik: Review vendor Catering « NadyaPuthe's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s