Me Against Angkot


Sebenernya dari SMP gw dah naik angkot kalo berangkat sekolah.. Tapi entah mengapa makin hari kalo naik angkot (include bis kota) gw makin ‘gatel’ (Baca : Ga sabar) aja liat suasana angkot yg makin lama makin ga bersahabat. Semakin lama naik angkot (dari SMP taun 1997 till now) ga makin bersahabat malah makin muak! (woow galak betul gw!). These are the things yg membuat gw gatel kalo naik angkot dan ini bukan karena kecoa (sering nemuin kalo naik patas 44 ciledug-senen hehe) :

1. Ngetemnya Angkot

Sering bgt liat stiker, di angkot bertuliskan “Anda butuh waktu, kami butuh uang”. But walau kita juga selalu bayar sesuai tarif, ternyata waktu kita ga dihargai ama si supir. Coba hitung berapa lama waktu yg terbuang disini…bikin tua di angkot.

bis

2. Penumpang yg merasa RAJA.

Walau sama2 naek angkot, banyak bgt penumpang yg merasa dirinya LEBIH. Ga tau juga sebabnya apa, mungkin gara2 ada kata2 penumpang adalah raja jadi diterapkan betul itu ke dalem ati. Penumpang tipe ini nyebelin bgt, Misal : ga mau disuru geser, maunya naik – turun bis pas bgt ama tujuannya (walau sebelumnya bis nya berenti ga jauh dr situ) kalo disuru jalan dikit aja ogah dia..huh manja!, ga mau kakinya diinjek n disenggol2 padahal keadaan bis penuuuuhhh bgt (kalo ga mau sempit2an naek Taxi aja mba!).

3. Siapa pun mengatakan kata2 kasar

Du du duhhhh… gatel bgt kuping gw dengernya. Kenapa siy harus emosi mulu trus mesti ya di dampingi kata2 ANJ***, NG*****, PAN**, B***, dan laen sebagainya itu…… Kayaknya puas bgt gitu kalo abis ngomong.


4. Pecandu Rokok

Kenapa gw bilang pecandu?? coz ko ya ga nyadar aja di dalem angkot yg sesek malah tetep aja ngerokok. Apa ga bisa ditunda dulu ampe tujuan supaya dia bisa nikmatin rokoknya sendiri? Jgn orang lain dipaksa jadi perokok pasih dong (which is lebih berbahaya)… Apalagi suka banyak baby n anak2 kecil..huhuhu sedih deh liat orang segitu ga pedulinya ama mereka.

5. Buta

Bukan buta mata yah tapi buta hati. Ini nih yg paling membuat gw Muak!. Ada nenek2 naik ga ada yg mo kasih duduk. Segitu capenya ya kerja?sekolah?kuliah? ampe nenek2 disuruh ngalah… Ada orang hamil pada bodo amat, Ada ibu2 gendong bayinya why you should care??. And they say this world is unfair?? My suggest is just be nice to other won’t regret you, semoga dengan berbuat baik akan ada kebaikan yg kembali pada diri kita.

6. PeNyampah

OMG, gw tau di Jakarta ini minim bgt tong sampah. Apa lagi di angkot ga disediain juga. Tapi no no no no! gw ga akan maklum dgn kelakuan penyampah ini.

urlMenurut pendapat saya, Sampah mu adalah Tanggung Jawab mu! Jadi yg suka buang sampah sembarangan, tolong yah jgn manja. Kalo abis makan permen (yg ga dibagi2 juga ke supir n penumpang lain) jgn membuang sampahnya ke bawah/kolong/lempar ke luar. Kalo anda bisa nikmatin permennya, jgn membuat orang lain ‘menikmati’ sampah anda. Hargai lingkungan agar lingkungan menghargai anda.

7. Anti Antri

Ini selalu gw alami kalo naik busway. Heran juga siy alat transportasi paling modern di Jakarta ga sediain tempat antri yg layak. Even cuma sebuah garis2 yg menunjukan tempat antri. Karena space yg terbatas saya mahfum kalo harus berjejalan pas nunggu busway. Tapi yg gw sebelin, uuuggghhhh orang2 itu, yg banyak dr mereka berdandan ala orang kantoran, tapi hiksss kelakuan ga bgt deh. Ngantri ko ke samping bukan ke belakang??? heran.. Ga liat apa yg ngantri dibelakang ramenya kayak apa?? Manja Dasar! Mungkin enak jika ada lagu mengiringi tempat nunggu busway ini. Usul saya lagunya Bimbo : Bermata tapi tak melihat, bertelinga tapi tak mendengar, bermulut tapi tak menyapa, berhati tapi tak merasa.

Bukannya gw merasa orang yg paling tertib di dunia. Just wanna share coz these things bother me a lot! Kalo anda merasa terganggu juga atau malah tersindir, mo ngajak nih supaya we could be a better citizen. Untuk Jakarta tercinta, Untuk orang2 yg kita cintai, dan untuk kita sendiri…

[Bayangakn sebuah tempat dimana kita bisa merasa nyaman, terlindungi, terkasihi]

to became a better me, I quote :

“Yesterday is history, tomorrow is a mystery, but today is a gift. That is why it is called the present.”

(Master Ooguay – Kung Fu Panda)

Yes, We Can!!

2 thoughts on “Me Against Angkot

  1. berapa menit waktu terbuang saat angkot ngetem?berapa lama waktu menghirup asap rokok dari pecandu lain?punya mobil sendiri bahkan bukan jawaban, karena lebih capek dan stress saat menyetir, saya juga konsumen busway..mengalami juga tuh ngantri..huekkkss..

    tapi itulah jakarta, siapa yang bertahan tentunya punya mental baja..hehe

    • Betul Sekali!!
      Kalo gitu selamat tuk kita berdua yg bermental baja..hahahaha
      yg penting tinggal pilihan kita menentukan sikap di Jakarta ini kan yah??

Tinggalkan Balasan

